Logo Network
Network

China Klaim Berhasil Menanam Padi di Luar Angkasa

Wahyu Budi Santoso
.
Kamis, 01 September 2022 | 12:11 WIB
China Klaim Berhasil Menanam Padi di Luar Angkasa
China mengaku berhasil menanam padi di Stasiun luar angkasa. FOTO/ Space News

JAKARTA, iNewsPalopo.id - Benih padi berhasil ditanam di stasiun luar angkasa Tiangong oleh para astronot China. Keberhasilan ini akan berkontribusi pada eksplorasi untuk memenuhi kebutuhan makanan dalam misi luar angkasa jangka panjang.

Dikutip dari SINDOnews.com, Peneliti Center of Excellence for Molecular Plant Science, Chinese Academy of Sciences, Zheng Huiqiong mengatakan, benih padi varietas tinggi tumbuh hingga ketinggian 30 sentimeter sejak percobaan dilakukan pada 29 Juli. Ia mengatakan, benih padi varietas pendek tumbuh sekitar lima sentimeter. 

"Para astronot yang terlibat akan terus memantau lokasi tanaman itu. Jika percobaan berhasil, mereka akan mengumpulkan benih baru yang dihasilkan dan membawanya kembali ke bumi untuk dipelajari lebih lanjut," katanya.

China meluncurkan laboratorium luar angkasa Wentian ke orbit pada 24 Juli, yang bertujuan untuk melakukan berbagai eksperimen termasuk penanaman padi. 

Upaya yang dilakukan di Tiangong ini adalah yang pertama menargetkan siklus lengkap tanaman, dari biji hingga tanaman dewasa dan menghasilkan benih baru, dibandingkan dengan percobaan budidaya padi lainnya. 

Sementara itu, kata Huiqiong, jika mereka ingin mendarat dan menjelajahi planet Mars, pasokan makanan yang dibawa dari bumi tidak akan cukup bagi para astronot untuk melakukan perjalanan jarak jauh dan misi di luar angkasa. 

"Untuk itu, kita perlu menemukan sumber makanan yang berkelanjutan untuk eksplorasi ruang angkasa jangka panjang," katanya.

Editor : Chaeruddin

Follow Berita iNews Palopo di Google News

Bagikan Artikel Ini