get app
inews
Aa Read Next : Judas Amir Dorong Dokter Nasar Maju Pilwakot Palopo

Pemkot Palopo Turut Berdukacita Atas Meninggalnya Menpan RB

Jum'at, 01 Juli 2022 | 13:47 WIB
header img
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. (Foto: Kemenpan RB).

PALOPO, iNewsPalopo.id - Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, menyampaikan belasungkawa dan duka cita mendalam atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, Jumat (1/7/2022).

Judas Amir, mengaku beberapa kali berinteraksi dengan Tjahjo Kumolo, baik saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) maupun sebagai Menpan RB.

"Innalillahi Wainnailaihi Roji'un, Pemerintah Kota Palopo turun berdukacita. Beberapa kali saya rapat bersama Pak Tjahjo Kumolo. Beliau sosok pemimpin yang baik dan tegas. Beliau orang baik," ujarnya.

Wali Kota Palopo, mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya ASN Lingkup Pemerintah Kota Palopo, mendoakan keselamatan untuk, Tjahjo Kumolo. "Mari kita doakan keselamatan kepada Almarhum. Khususnya saya mengajak ASN Pemkot Palopo mendoakan keselamatan Almarhum," lanjutnya.

Bukan hanya HM Judas Amir, Kepala Inspektorat Kota Palopo, H. Asir Mangopo, mengaku pernah berinteraksi dengan Almarhum, Tjahjo Kumolo, baik saat menjabat sebagai Mendagri hingga saat menjabat MenpanRB.

"Beberapa kali saya ikut rapat bersama Pak Tjahjo Kumolo, waktu beliau menjabat sebagai Mendagri dan juga Menpan RB. Beliau sosok yang baik dan pemikir," katanya.

Asir Mangopo yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan, juga menjabat Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo, menyebutkan beberapa kebijakan Tjahjo Kumolo, dianggap menguntungkan ASN secara umum. 

"Kebijakan beliau banyak menguntungkan ASN secara umum, termasuk pengalihan struktural ke fungsional ini sangat baik untuk ASN di daerah. Beliau sangat mengetahui keinginan pegawai negeri sipil," kuncinya.

Tjahjo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957. Dia wafat diusia 62 tahun. Dia menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja. 

Dia juga merupakan salah seorang politikus Indonesia, dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) daerah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Editor : Chaeruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut