get app
inews
Aa Read Next : Nasib Sial Pelaku Pencurian di Luwu Utara, Terekam CCTV saat Maling HP di SMAN 8 Masamba

Indah Putri Hadiri Upacara Pengembalian Arwah Ummat Hindu

Jum'at, 15 Juli 2022 | 12:24 WIB
header img
Indah Putri Indriani menghadiri upacara Yadnya Ngaben Massal V, di Desa Mekar Jaya Tondok, Kecamatan Mappedeceng. Foto, iNewsPalopo.id/Bayu Segara

MASAMBA, iNewsPalopo.id - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menghadiri upacara Yadnya Ngaben Massal V, di Desa Mekar Jaya Tondok, Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara, kamis (14/07/2022)

Upacara Ngaben ini rangkaiannya cukup panjang, dimulai sejak 11 juli 2022 dan puncaknya pada 17 juli 2022 mendatang.

Indah Putri Indriani, dalam sambutannya menjelaskan, dalam keyakinan Umat Hindu Dharma, Ngaben adalah upacara mengembalikan arwah pada tempatnya dan ini menjadi tanggung jawab bagi keluarga yang ditinggalkan, sehingga menjadi bagian dari bakti dan ibadah.

"Pemerintah selalu mensupport, selalu memberikan dukungan kepada setiap umat di Kabupaten Luwu Utara yang menyelengarakan kegiatan keagamaan dalam kondisi yang aman, nyaman dan kita harapkan tetap sehat," ujarnya.

"Alhamdulillah setelah dua tahun pandemi covid-19, sudah sedikit longgar apalagi kalau yang sudah booster boleh tidak menggunakan masker," lanjutnya.

Selain itu, Indah juga mengatakan, kegiatan ngaben massal ke V ini adalah kegiatan yang ditunggu tunggu, karena dilaksanakan 5 tahun sekali.

"Jadi bagi anak, ini adalah bentuk bakti kepada orang tua, sehingga seberapa pun anggarannya ditanggung bersama keluarga yang lain, oleh karena itu silahkan dilakukan, sesuai dengan aturan yang ada dalam agama hindu, kemudian laksanakan dengan tenang dan aman karena pemerintah selalu bersama umat," kuncinya.

Editor : Chaeruddin

Follow Berita iNews Palopo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut