get app
inews
Aa Read Next : Nasib Sial Pelaku Pencurian di Luwu Utara, Terekam CCTV saat Maling HP di SMAN 8 Masamba

Kapolres Lutra Ingatkan Kelalaian Penjagaan Tahanan

Jum'at, 15 Juli 2022 | 15:44 WIB
header img
Kapolres Luwu Utara, AKBP Galih Indragiri, mengecek ruang tahanan Mapolres Luwu Utara. Foto, iNewsPalopo.id/Bayu Segara

MASAMBA, iNewsPalopo.id - Kapolres Luwu Utara, AKBP Galih Indragiri, ingatkan sejumlah kelalaian penjagaan ruang tahanan di Mako Polres Luwu Utara, kamis (14/7/2022). 

Kondisi tersebut membuatnya geram saat melaksanakan sidak di sel tahanan. Kapolres menilai ada sejumlah pelaksanaan aturan terkait tahanan yang belum dimaksimalkan. 

Mantan Kasat Reskrim Polrestabes Bandung Polda Jawa Barat ini, perintahkan dilakukan pengecekan rutin seluruh tahanan utamanya di jam rawan.

"Kondisi bangunan seperti halnya CCTV, lampu ruang tahanan wajib dinyalakan setiap saat, serta ruang tahanan yang tidak difungsikan untuk terus dikunci dan digembok," perintahnya.

"Ruang tahanan harus terus diperhatikan dan dicek setiap saat. Personil yang berjaga wajib untuk mengecek kondisi tahanan termasuk kesehatannya," lanjutnya.

Dirinya mewanti ke personil yang bertanggungjawab menjaga ruang tahanan, jangan sampai ada tahanan yang sakit terus dibiarkan

"Kesehatan tahanan harus rutin diperiksa, jika ada masalah segera dilaporkan," perintahnya. 

Selain itu, alumni Akpol 2001 ini juga menegaskan agar seluruh personil selalu mengikuti aturan saat melakukan penjagaan.

"Kita betul betul menjaga agar tidak ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi baik itu kepada tahanan maupun personil. Saya juga minta dengan tegas agar tidak ada petugas yang tidur saat jaga tahanan," katanya.

"Ingat, seluruh barang bawaan pembesuk wajib diperiksa sebelum diberikan kepada tahanan dan wajib mendampingi pembesuk saat bertemu dengan tahanan," tegas Galih.

Editor : Chaeruddin

Follow Berita iNews Palopo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut