Logo Network
Network

Basmin Ingin Tokoh Adat Dilibatkan Dalam Tata Kelola Pemerintahan

Chaeruddin
.
Sabtu, 10 September 2022 | 21:35 WIB
Basmin Ingin Tokoh Adat Dilibatkan Dalam Tata Kelola Pemerintahan
Bupati Luwu H Basmin Mattayang, menghadiri ritual adat dalam rangka upacara adat pengukuhan Ma'dika. Foto, Kominfo Luwu.

LUWU, iNewsPalopo.id - Bupati Luwu H Basmin Mattayang, ini adanya keterlibatan tokoh adat dan tokoh masyarakat menjadi salah satu kunci penting dalam tatanan pengelolaan pemerintahan. Menurutnya kalau pemerintah mau kuat maka tokoh adat harus terlibat di dalam menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk kepentingan masyarakat.

"Alhamdulillah kita lihat dari tiga kabupaten dan satu kota di Tana Luwu, mudah-mudahan hari ini adalah saksi buat kita semua, begitu masyarakat Luwu menjunjung tinggi nilai-nilai budaya, menjunjung tinggi nilai-nilai peradaban dengan satu tujuan bahwa tokoh adat dan masyarakat adalah mitra pemerintah," seru Basmin Mattayang.

"Tokoh adat dan tokoh masyarakat merupakan mitra utama pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas, mengemban tugas-tugas pemerintahan khususnya pada tingkat pedesaan dan peranan peradaban dalam lingkungan masyarakat," lanjut Bupati Luwu dua periode ini.

Basmin Mattayang menambahkan, tokoh adat dan tokoh masyarakat menjadi ujung tombak dalam penyelesaian setiap permasalahan atau sengketa yang terjadi dalam wilayah desa atau wilayah adat sebelum melangkah pada tatanan pemerintah bahkan ke ranah hukum.

"Tanamkan dalam hati kepada semua pemangku adat agar selalu memposisikan diri dimana baiknya dan bagaimana baiknya," pesan Basmin Mattayang sebelum menutup sambutannya.

Untuk diketahui Bupati Luwu H Basmin Mattayang, menghadiri ritual adat dalam rangka upacara adat pengukuhan Ma'dika Ulusalu, La Tandi Allo Campawa Pasande', tergelar dengan sakral dan berlangsung dengan hikmat di Makalua' Desa Kadundung, Kecamatan Latimojong, Sabtu (10/09/2022).

Kegiatan diawali dengan penyambutan To PapoataE Datu Luwu XL H Andi Maradang Mackulau Opu To Bau dan Bupati Luwu Siambe' H Basmin Mattayang Opu Dg Mamenteng, yang hadir bersama Ketua DPRD Kabupaten Luwu Rusli Sunali, sejumlah kepala OPD Lingkup Pemkab Luwu, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Editor : Chaeruddin

Follow Berita iNews Palopo di Google News

Bagikan Artikel Ini