get app
inews
Aa Read Next : SR Pastikan Tidak Rusak Hutan Mangrove

Basmin Mattayang Sebut, Luwu Akan Jadi Morowali Kedua

Kamis, 21 Juli 2022 | 17:00 WIB
header img
Bupati Luwu H Basmin Mattayang didampingi Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali, Kapolres Luwu AKBP Arisandi dan Kadisnaker, H. Syaiful Latif, meninjau workshop BLK Luwu di Desa Karang Karangan. Foto, iNewsPalopo.id/Putra

BELOPA, iNewsBelopa.id - Bupati Luwu H Basmin Mattayang, meresmikan gedung Balai Latihan Kerja, BLK Luwu di Desa Karang Karangan Kecamatan Bua, Kamis (21/7/2022).

Basmin menyampaikan kehadiran gedung BLK Luwu patut disyukuri karena pembangunannya dilaksanakan ditengah pandemi covid 19 dimana anggaran pemerintah saat itu sangat terbatas untuk fisik. 

Diungkapkan Bupati Luwu dua periode ini, pembangunan 2 unit gedung BLK tahun 2020 dan 2021 memang dipaksanakan mengingat bangunan BLK lama di Balandai dalam penguasaan Kota Palopo dan akan digunakan oleh pemerintah setempat.

"Kita bersyukur kantor ini sudah bisa kita tempati. Saya menitip harapan ke Kadis Ketenagakerjaan agar bangunan BLK ini dipelihara dengan baik dan mudah mudahan kedepan bisa kita perbesar," ujarnya.

"BLK harus kita perbesar kedepan, karena kedepan Luwu ini akan menjadi Morowali kedua, sehingga nanti kecamatan Bua akan menjadi sentra ekonomi. Jika jalan Toraja sudah tembus yang saat ini masih menyisahkan 7 kilometer belum diaspal, Bua dan Luwu akan lebih ramai, bukan hanya sektor industri termasuk wisata," lanjutnya.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Luwu mendorong percepatan perpanjangan runway Bandara Udara I Lagaligo, sebagai salah satu penunjang perkembangan industri di Kabupaten Luwu.

"Kita berharap sejumlah industri besar di Luwu berjalan tahun 2023 paling lambat tahun 2024, diantaranya smalter PT BMS di Bua dan perusahaan tambang emas PT Masmindo di Latimojong," sebutnya.

"Bandara merupakan salah satu sarana pendukung yang harus segera diperbesar. Jika perpanjangan runway Bandara Bua selesai tahun depan maka pesawat besar sekelas Boeing sudah bisa mendarat di Bandara Bua," kuncinya.

Editor : Chaeruddin

Follow Berita iNews Palopo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut