get app
inews
Aa Read Next : Masmindo Perkenalkan Kopi Latimojong ke Pasar Eropa

Masmindo Bersama Indika Foundation Kembali Beri Pelatihan Guru

Senin, 28 November 2022 | 19:52 WIB
header img
PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) bersama Indika Foundation kembali beri pelatihan kepada guru di Kabupaten Luwu. Foto, Humas Masmindo.

BELOPA, iNewsPalopo.id - PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) bersama Indika Foundation kembali beri pelatihan kepada guru di Kabupaten Luwu.

Kegiatan yang kesekian kalinya ini membuktikan, PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) bersama Indika Foundation keseriusannya berkontribusi dalam kemajuan pendidikan di Kabupaten Luwu. 

Dalam rangka memperingati Hari Guru, kegiatan disebut “Program Pelatihan Kapasitas Guru SD Se-Bajo Barat”. 

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu, ikut mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut 

Guru se,-Bajo Barat, mendapat tambahan pengetahuan selama dua hari di Aula Hotel Borneo Belopa, 26-27 November 2022 lalu. 

Pelatihan dibuka resmi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu Hasbullah, didampingi Kepala Bidang Kebudayaan, Kepala Teknik Tambang (KTT) atau Site Manager Masmindo, Mustafa Ibrahim, Manager Community Development and Engagement (CDE) Masmindo, Rahmad Sabang, beserta sejumlah staf Masmindo.


 
Pelatihan kali ini diikuti 35 peserta terdiri dari para guru dan kepala sekolah dari 7 SD yang berada di Kecamatan Bajo Barat

Sama seperti pelatihan sebelumnya, pelatihan ini berlangsung selama dua hari dengan materi pelatihan yang difokuskan pada metode pembelajaran kreatif dan inovatif di kelas, dengan dua pemateri utama yang didatangkan dari pihak Indika Foundation, Aditio Tantra dan Ari Ismi Hidayah.

Di hari pertama diberikan materi tentang literasi dan numerik serta metode pembelajaran kreatif, yang diikuti secara antusias oleh seluruh peserta dari pagi hingga menjelang sore hari.

Sedangkan materi pamungkas di hari kedua adalah perkenalan "Kurikulum Merdeka Belajar", yang diharapkan dapat diaplikasikan oleh seluruh peserta pelatihan. Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu akan melakukan pemantauan untuk memastikan agar setiap sekolah bisa membuat rencana kerja terkait.

"Materi pelatihan selama dua hari ini sedikit berbeda dibanding dengan pelatihan yang pertama kali dilakukan. Kali ini materi yang diberikan lebih mendalam adalah tentang Kurikulum Merdeka Belajar," ujar, Ari Ismi Hidayah, pengajar dari Indika Foundation.

"Kita merasa perlu untuk naik level secara materi karena memang sudah ada beberapa sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar saat ini," sambung Ari Ismi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu, Hasbullah, mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai Masmindo ini.  

"Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Luwu, mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Masmindo. Sebelumnya telah dilaksanakan pelatihan untuk guru-guru yang berada di area Ring 1 atau para guru yang ada di Kecamatan Latimojong," ujarnya.

"Dan hari ini diberikan kesempatan bagi para guru yang berada di area Ring 2. Semoga kedepannya juga akan dilaksanakan program serupa untuk para guru di area Ring 3," tambahnya.

Hasbullah menilai, pelatihan seperti ini memang perlu dilakukan, sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan bahwa proses pembelajaran mulai sekarang dan seterusnya tentunya akan berubah, terutama dalam pelaksanaan proses belajar-mengajar itu sendiri.

Dalam sambutannya, KTT atau Site Manager PT Masmindo, Mustafa Ibrahim, menyebutkan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut tidak lain untuk berbagi ilmu dan memajukan pendidikan di Kabupaten Luwu.

"Program ini bertujuan untuk berbagi ilmu-ilmu baru yang kami harapkan semoga bisa membantu para guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan inovatif," sebutnya.

"Pada pelatihan sebelumnya, saya melihat, ilmu yang diberikan teman-teman dari Indika Foundation sangat menarik dan kreatif, dan semoga ketika diterapkan oleh bapak dan ibu guru yang ada disini akan dapat meningkatkan minat belajar para siswa," lanjutnya.

Pada penutupan pelatihan ini, beberapa peserta guru dan kepala sekolah menyampaikan kesan-kesannya selama mengikuti pelatihan. 

"Terkait kurikulum baru, kami sudah sering belajar lewat platform secara online. Namun tentunya materi dan kesan yang kami rasakan cukup berbeda ketika disampaikan secara tatap muka seperti ini. Maka dari itu, kami mengharapkan selanjutnya Masmindo juga bisa mengadakan workshop terkait bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di kelas," ujar Darmawati dari SDN 32 Marinding.

"Pertama-tama kami menyampaikan terima kasih kepada Masmindo. Sudah 30 tahun saya mengajar, dan baru pertama kali ini saya merasa berkesan selama mengikuti pelatihan. Mulai dari pematerinya yang luar biasa, menyampaikan materi yang mudah kami cerna, dan tidak membosankan selama kurang lebih 12 jam berbagi ilmu," Bahrum, tambah, Arif, Kepala Sekolah SDN 31 Sampeang.

Sebelumnya, Masmindo dan Indika Foundation telah berhasil melaksanakan kegiatan serupa. Pelatihan Guru Tahap 1 telah berlangsung dengan baik pada 24-25 September 2022 lalu, dengan diikuti 25 peserta yang berasal dari 5 sekolah yang berada di area Ring 1 Masmindo di Kecamatan Latimojong.

Editor : Chaeruddin

Follow Berita iNews Palopo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut