get app
inews
Aa Read Next : Nasib Sial Pelaku Pencurian di Luwu Utara, Terekam CCTV saat Maling HP di SMAN 8 Masamba

Suaib Mansur Ikut Bakar Balole di Malam Camping Ground

Minggu, 26 Juni 2022 | 10:06 WIB
header img
Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, ikut membakar "Balole" atau nasi lemang di malam Puncak Camping Ground, rangkaian Jambore Arus Deras Sungai Rongkong.Foto, iNewsPalopo.id/Bayu Segara

MASAMBA, iNewsPalopo.id-Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, ikut membakar "Balole" atau nasi lemang di malam Puncak Camping Ground, rangkaian Jambore Arus Deras Sungai Rongkong, di Desa Pararra, Kecamatan Sabbang, malam tadi.

Ratusan Balole dibakar kemudian dimakan seluruh peserta camping. Suaib Mansur, memuji racikan Balole, berbahan beras lokal Rongkong. 

"Nasi Lemang ini enak, beras Rongkong memang enak. Ini beras organik ya?," katanya dengan nada bertanya. "Iya Pak Wakil, beras lokal, beras Rongkong," jawab Masdar, Ketua Panitia.

Balole atau sebagian masyarakat Tana Luwu menyebutnya Peong atau nasi lemang merupakan salah satu makanan tradisional Tana Luwu. Cara membuatnya cukup sederhana, dengan perlakukan khusus, beras dimasukan dalam bambu pilihan kemudian dibakar menggunakan api bersumber dari kayu. Dengan kematangan tertentu, nasi baru boleh keluarkan dan dimakan. 

Suaib Mansur, hadir pada malam puncak tersebut. Dirinya menyampaikan peserta dan masyarakat tetap menjaga keamanan. "Kegiatan ini adalah milik kita semua, jadi wajib bagi kita menjaga keamanan dan ketertibannya," ungkapnya.

Suaib Mansur yang juga Ketua Ikatan Arsitektur Luwu Utara menyebutkan, potensi alam di Luwu Utara cukup banyak, dan harus dikelolah serta dilestarikan agar bisa menjadi daerah tujuan wisata. 

“Ini anugerah Allah SWT, kepada kita. Tidak semua daerah memiliki alam seperti Luwu Utara, sehingga sangat patut disyukuri dengan melestarikannya," serunya.

Suaib menyampaikan apresiasinya kepada seluruh elemen yang ikut mengambil bagian dalam mensukseskan kegiatan Jambore Nasional Arus Deras Sungai Rongkong serta camping ground.

"Dengan hadirnya kegiatan ini, potensi kekayaan wisata alam yang dimiliki Luwu Utara lebih dikenal, tentu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekiyar," tutupnya.

Editor : Chaeruddin

Follow Berita iNews Palopo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut