KPU Palopo, Lurah dan Camat Sinkronkan Data Pemilih

Chaeruddin
.
Jum'at, 16 September 2022 | 14:53 WIB
Rapat PDPB dilaksanakan KPU Kota Palopo di ruang Media Center, kamis (15/09/2022). Foto, iNewsPalopo.id/Chaeruddin.

PALOPO, iNewsPalopo.id - Komisi Pemilihan Umum, (KPU) Kota Palopo terus melakukan akurasi dan pemutakhiran data pemilih di Kota Palopo secara kontinu setiap bulannya.

Rapat Forum Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) kembali dilaksanakan KPU Kota Palopo di ruang Media Center, kamis (15/09/2022).

Kegiatan ini dihadiri 48 Lurah dan 9 Camat di Kota Palopo. Kegiatan ini bertujuan untuk mencocokan atau validasi data pemilih yang dipegang KPU Palopo dengan data kependudukan terbaru di 48 kelurahan.

Ketua KPU Kota Palopo, Abbas Djohan, menyampaikan KPU Palopo tidak ingin ada perbedaan data pemilih antara KPU dengan pemerintah kelurahan. 

Olehnya itu kata Abbas, dirinya mengapresiasi kehadiran para camat dan lurah dalam rakor yang membahas terkait data pemilih yang masih belum padan. 

Menurut Ketua KPU Palopo pihak kelurahan dan kecamatan sangat berperan besar dalam membantu KPU melaksanakan program Data Pemilih Berkelanjutan (DPB).

Diakuinya belum semua data pemilih yang diolah KPU Kota Palopo bisa terselesaikan. "Namun setidaknya kerjasama pihak kelurahan dan kecamatan telah memudahkan kami dalam mengidentifikasi data penduduk sebagai data potensi pemilih", terangnya.

Komisioner KPU Kota Palopo Divisi Perencanaan, Data dan Informasi (Rendatin), Efendi Samaila, berharap pemerintah kecamatan dan kelurahan tetap bersinergi dengan KPU Kota Palopo terkhusus dalam hal pemutakhiran data pemilih.

"Saat ini kami melaksanakan pencocokan terbatas atau Coktas,  sejumlah data pemilih yang masih perlu mendapat kejelasan dimana kami turun langsung ke setiap kelurahan untuk mencocokkan data pemilih yang kami miliki dengan kondisi riil di lapangan", jelas Efendi Samaila.

Adapun data yang dilakukan pencocokan terbatas tambah Efendi, data penduduk yang telah meninggal dunia, penduduk yang pindah keluar dan penduduk yang pindah masuk.

Sejumlah lurah dan camat menyampaikan dukungannya kepada KPU Kota Palopo untuk tetap melaksanakan coktas terhadap data pemilih yang dimiliki oleh KPU Kota Palopo.

Kegiatan ini juga dihadiri Polres Palopo, Kodim 1403 Palopo, Lapas Klas IIA Palopo, Dinas Dukcapil, Dinas Sosial, Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup dan sejumlah perguruan tinggi serta ormas.

Dalam rakor tersebut terungkap jumlah pemilih Kota Palopo per 31 Agustus 2022 sebanyak 107.143 orang dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 52.102 orang dan pemilih perempuan sebanyak 55.041 orang.

Editor : Chaeruddin
Bagikan Artikel Ini